A. PERAN GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN
c. Bagaimana proses pembelajaran yang akan diciptakan oleh guru agar siswa mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
d. Bagaimana menciptakan dan menggunakan alat evaluasi untuk mengukur apakah tujuan itu tercapai dengan baik atau tidak.
2. Melaksanakan pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran selayaknya berpegang pada apa yang tertuang dalam perencanaan.
a. Faktor guru
Gaya mengajar seorang guru terletak pada bagaimana pelaksanaan pembelajaran guru yang bersangkutan, yang dipengeruhi oleh pandangannya sendiri tentang mengajar, konsep-konsep psikologi yang digunakan, serta kurikulum yang dilaksanakan.
b. Faktor siswa
Adanya keragaman dalam kecakapan dan kepribadian ini dapat mempengaruhi terhadap situasi yang dihadapi dalam proses pembelajaran.
c. faktor kurikulum
secara sederhana arti kurikulum dalam kajian ini menggambrkan pada isi atau pelajaran dan pola interaksi belajar mengajar antara guru dan siswa untuk mencapai tujuan tertentu.
d. Faktor lingkungan
Lingkunggan ini meliputi keadaan ruangan, tata ruang, dan berbagai situasi fisik yang ada di sekitar kelas atau sekitar tempat berlangsungnya proses pembelajaran
3. Mengevaluasi pelajaran
Fungsi evaluasi adalah untuk :
a. Mengetahui apakah siswa dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
b. Mengetahui kondisi belajar yang disiapkan, apakah dapat menyebabkan siswa belajar.
c. Mengetahui apakah prosedur pembelajaran berlangsung dengan baik.
d. Mengetahui di mana letak hambatan pencapaian tujuan tertentu.
4. Memberikan umpan balik
Upaya memberikan umpan balik harus dilakukan secara terus menerus. Dengan demikian, minat dan antusias siswa dalam belajar selalu terpelihara. Dengan terpeliharanya minat dan antusias belajar belajar siswa, diharapkan muncul keaktifan yang tinggi dalam proses belajar itu sendiri.
B. SIKAP GURU MEMBIMBING DAN MENGARAHKAN SISWA UNTUK BELAJAR
Bimbingan yang diberikan dalam proses pembelajaran merupakan bantuan kepada siswa jika mengalami kesulitan dalam belajar, sehingga dia mampu mengatasi kesulitan tersebut.
1. Membimbing dan mengarahkan siswa sebelum proses pembelajaran,
2. Membimbing dan mengarahkan siswa membuat perencanaan kegiatan belajar,
3. Membimbing dan mengarahkan siswa mengikuti proses pembelajaran,
4. Membimbing dan mengarahkan siswa membuat catatan belajar, dan
5. Membimbing dan mengarahkan siswa untuk mempersiapkan ujian.
C. UPAYA GURU MEMOTIVASI SISWA UNTUK BELAJAR
Banyak cara yang dilakukan oleh guru untuk memotivasi siswanya agar tetap semangat belajar dan berhasil dengan baik. Cara-cara tersebut anttara lain:
1. Memberikan motivasi belajar kepada siswa
2. Mengembangkan motivasi dan sikap semangat mengajar
3. Mengarahkan siswa kepada tujuan yang ingin dicapai
4. Membangkitkan minat belajar
5. Membimbing siswa mengatur waktu dan disiplin dalam belajar
6. Memberi kesempatan kepada siswa untuk aktif
7. Menggunakan metode dan kegiatan pembelajaran yang bervariasi
8. Memberikan tugas yang menantang kepada siswa
9. Berinteraksi dan berkomunikasi aktif dengan siswa
10. Menciptakan suasana kelas yang mendukung belajar
11. Mendorong siswa untuk belajar yang bermakna
D. KEGIATAN GURU DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN PROSES PEMBELAJARAN
Proses pembelajaran seharusnya menekan pada metode atau cara bagaimana membelajarkan siswa secara aktif dari pada apa yang dipelajari siswa. Untuk memudahkan pelaksanaan, perumusan kegiatan belajar dapat dilakukan dengan cara:
a. Merumusakan semua kegiatan belajar yang membangkitkan untuk dilakukan
b. Menetapkan kegiatan-kegiatan man yang tidak perlu dilakukan agar mencapai efisiensi proses belajar
c. Menetapkan kegiatan-kegiatan mana yang akan dilakukan dalam mempelajari materi pembelajaran sesuai dengan upaya pencapaian tujaun.